Nama : Lilis
Yuliati
Mata Kuliah : Evaluasi
Pembelajaran
Urgensi Evaluasi Dalam Pendidikan dan Pembelajaran
Evaluasi dalam
pendidikan dan pembelajaran sangat diperlukan untuk mengetahui
perkembangan-perkembangan yang dialami oleh seorang peserta didik. Dengan
mengevaluasi pembelajaran di akhir, maka seorang tenaga pendidik dapat menarik
banyak sekali kesimpulan penting terutama terkait dengan
perkembangan-perkembangan yang bisa dilihat dari seorang peserta didik.
Evaluasi pendidikan dan pembelajaran dapat dijadikan sebagai tolak ukur apakah
proses pendidikan dan pembelajaran yang terjadi selama ini telah belajar dengan
maksimal apa belum? Sehingga jika hal ini dilakukan maka kedepannya seorang
tenaga pendidik dapat melakukan hal yang lebih baik.
Secara umum, kegunaan data evaluasi adalah sebagai dasar untuk
mengambil sebuah keputusan dan secara khusus dapat dirinci sebagai berikut:
- Administratif :
Administrator menggunakan hasil evaluasi untuk pengelompokkan kelas,
melengkapi laporan-laporan untuk wali murid, memberikan informasi untuk
menempatkan siswa jika dia pindah sekolah, dan melengkapi laporan kemajuan
sekolah kepada instansi yang lebih tinggi.
- Instruksional: Supervisor
dan guru menggunakan hasil evaluasi untuk membantu meningkatkan cara
mengajar guru agar lebih baik.
- Bimbingan dan Penyuluhan :
Hasil yang diperoleh dari berbagai teknik evaluasi seperti tes
intelegensi, achievement test, attitude test, catatan
observasi, catatan harian, interest inventories, dan catatan
kumulatif dapat digunakan.
- Penyelidikan : Hasil yang
diperoleh digunakan untuk menyelidiki apakah ada ketidaksesuaian atau
ketidakberesan dalam program, baik dari segi siswa, guru, kurikulum,
ataupun lainnya.
Adapun Pentingnya Evaluasi untuk
Kemajuan Pendidikan dan pembelajaran ini akan dibahas lebih mendetail seperti
berikut ini:
1. Sebagai Umpan Balik Bagi
Pendidik dan Peserta Didik
Evaluasi memang
hal yang mendasar dan pokok yang harus dilaksanakan setelah melakukan suatu
kegiatan. Dengan evaluasi, pendidik dan peserta didik mendapatkan umpan balik
berupa hasil yang nantinya dapat diperbaiki dan dikembangkan. Pendidik dapat
mengetahui apakah soal yang telah ia berikan sudah cocok untuk diberikan atau
sesuai dengan prosedur yang sudah menjadi kesepakatan. Sedangkan peserta didik
dapat mengerti apa saja yang kurang pada dirinya, dalam hal nilai atau sikap
sehingga dapat diperbaiki setelah evaluasi selesai dilaksanakan. Dengan
demikian, pendidikan di Indonesia akan semakin maju.
2. Dapat Mengelompokkan
Peserta Didik Sesuai Kemampuan
Dengan evaluasi,
pengelompokan peserta didik dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, dengan
pengelompokan peserta didik, pendidik akan lebih mudah dalam melaksanakan
proses pembelajaran karena tidak adanya penghambat dalam kelas seperti ada
beberapa siswa yang kesulitan mengejar pelajaran dan sebagian besar siswa lain
sudah paham dan ingin melanjutkan ke materi berikutnya, alhasil siswa tersebut
kelabakan. Selain itu pelaksanaan pengelompokan dimaksud untuk mempermudah
peserta didik saat pelaksanaan evaluasi karena mereka sudah siap sesuai
kemampuan mereka.
3. Untuk Mengetahui
Kelanjutan Pendidikan Peserta Didik
Kemampuan peserta
didik dapat terkontrol dan terpantau dari adanya evaluasi ini. Selain dari
pihak pendidik orangtua juga dapat mengetahui kemampuan dari buah hati mereka.
Dengan evaluasi, orangtua, pendidik, dan peserta didik dapat meramalkan
kelanjutan pendidikan yang akan ditempuh selanjutnya sebagai usaha untuk
menambah ilmu. Dari evaluasi akan diketahui arah mana yang cocok untuk
meneruskan pendidikan, sehingga dari pihak peserta didik sendiri tidak
kesulitan karena sudah sesuai dengan kemampuannya.
4. Mengetahui Kemampuan
Peserta Didik
Guru dan orangtua
akan mengetahui hasil dari belajar peserta didik selama menempuh pendidikan
setelah evaluasi. Dengan evaluasi, orangtua akan mengetahui langkah apa yang
akan diambil agar dapat membantu membina dan membimbing buah hatinya dalam
menempuh masa depan dan membantu negara untuk kemajuan bangsa. Dengan
diketahuinya kemampuan peserta didik, guru akan mengerti, peserta didik mana
yang perlu mendapat perhatian khusus dan peserta didik mana yang perlu
penambahan pengayaan.
5. Sebagai Patokan
Keberhasilan
Dengan evaluasi,
hasil pendidikan akan mudah diketahui dan diperoleh. Hasil dari evaluasi dapat
menjadi salah satu patokan bagi pendidik sampai sejauh mana ia melaksanakan
proses pembelajaran, apakah sesuai dengan target ataukah belum. Selain itu
dengan evaluasi, peserta didik dapat memiliki patokan pula untuk lebih giat
lagi dalam belajar. Evaluasi sangat berguna untuk mengetahui maju atau
mundurnya pendidikan di Indonesia, karena evaluasi sendiri yaitu kegiatan
menilai dan mengukur. Dengan evaluasi pula dapat diketahui titik kelemahan yang
ada di dalam lembaga pendidikan itu sendiri agar dapat mencari jalan keluar dan
menjadi lebih baik.
Nama : Lilis
Yuliati
Mata Kuliah : Evaluasi
Pembelajaran
Urgensi Evaluasi Dalam Pendidikan dan Pembelajaran
Evaluasi dalam
pendidikan dan pembelajaran sangat diperlukan untuk mengetahui
perkembangan-perkembangan yang dialami oleh seorang peserta didik. Dengan
mengevaluasi pembelajaran di akhir, maka seorang tenaga pendidik dapat menarik
banyak sekali kesimpulan penting terutama terkait dengan
perkembangan-perkembangan yang bisa dilihat dari seorang peserta didik.
Evaluasi pendidikan dan pembelajaran dapat dijadikan sebagai tolak ukur apakah
proses pendidikan dan pembelajaran yang terjadi selama ini telah belajar dengan
maksimal apa belum? Sehingga jika hal ini dilakukan maka kedepannya seorang
tenaga pendidik dapat melakukan hal yang lebih baik.
Secara umum, kegunaan data evaluasi adalah sebagai dasar untuk
mengambil sebuah keputusan dan secara khusus dapat dirinci sebagai berikut:
- Administratif :
Administrator menggunakan hasil evaluasi untuk pengelompokkan kelas,
melengkapi laporan-laporan untuk wali murid, memberikan informasi untuk
menempatkan siswa jika dia pindah sekolah, dan melengkapi laporan kemajuan
sekolah kepada instansi yang lebih tinggi.
- Instruksional: Supervisor
dan guru menggunakan hasil evaluasi untuk membantu meningkatkan cara
mengajar guru agar lebih baik.
- Bimbingan dan Penyuluhan :
Hasil yang diperoleh dari berbagai teknik evaluasi seperti tes
intelegensi, achievement test, attitude test, catatan
observasi, catatan harian, interest inventories, dan catatan
kumulatif dapat digunakan.
- Penyelidikan : Hasil yang
diperoleh digunakan untuk menyelidiki apakah ada ketidaksesuaian atau
ketidakberesan dalam program, baik dari segi siswa, guru, kurikulum,
ataupun lainnya.
Adapun Pentingnya Evaluasi untuk
Kemajuan Pendidikan dan pembelajaran ini akan dibahas lebih mendetail seperti
berikut ini:
1. Sebagai Umpan Balik Bagi
Pendidik dan Peserta Didik
Evaluasi memang
hal yang mendasar dan pokok yang harus dilaksanakan setelah melakukan suatu
kegiatan. Dengan evaluasi, pendidik dan peserta didik mendapatkan umpan balik
berupa hasil yang nantinya dapat diperbaiki dan dikembangkan. Pendidik dapat
mengetahui apakah soal yang telah ia berikan sudah cocok untuk diberikan atau
sesuai dengan prosedur yang sudah menjadi kesepakatan. Sedangkan peserta didik
dapat mengerti apa saja yang kurang pada dirinya, dalam hal nilai atau sikap
sehingga dapat diperbaiki setelah evaluasi selesai dilaksanakan. Dengan
demikian, pendidikan di Indonesia akan semakin maju.
2. Dapat Mengelompokkan
Peserta Didik Sesuai Kemampuan
Dengan evaluasi,
pengelompokan peserta didik dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, dengan
pengelompokan peserta didik, pendidik akan lebih mudah dalam melaksanakan
proses pembelajaran karena tidak adanya penghambat dalam kelas seperti ada
beberapa siswa yang kesulitan mengejar pelajaran dan sebagian besar siswa lain
sudah paham dan ingin melanjutkan ke materi berikutnya, alhasil siswa tersebut
kelabakan. Selain itu pelaksanaan pengelompokan dimaksud untuk mempermudah
peserta didik saat pelaksanaan evaluasi karena mereka sudah siap sesuai
kemampuan mereka.
3. Untuk Mengetahui
Kelanjutan Pendidikan Peserta Didik
Kemampuan peserta
didik dapat terkontrol dan terpantau dari adanya evaluasi ini. Selain dari
pihak pendidik orangtua juga dapat mengetahui kemampuan dari buah hati mereka.
Dengan evaluasi, orangtua, pendidik, dan peserta didik dapat meramalkan
kelanjutan pendidikan yang akan ditempuh selanjutnya sebagai usaha untuk
menambah ilmu. Dari evaluasi akan diketahui arah mana yang cocok untuk
meneruskan pendidikan, sehingga dari pihak peserta didik sendiri tidak
kesulitan karena sudah sesuai dengan kemampuannya.
4. Mengetahui Kemampuan
Peserta Didik
Guru dan orangtua
akan mengetahui hasil dari belajar peserta didik selama menempuh pendidikan
setelah evaluasi. Dengan evaluasi, orangtua akan mengetahui langkah apa yang
akan diambil agar dapat membantu membina dan membimbing buah hatinya dalam
menempuh masa depan dan membantu negara untuk kemajuan bangsa. Dengan
diketahuinya kemampuan peserta didik, guru akan mengerti, peserta didik mana
yang perlu mendapat perhatian khusus dan peserta didik mana yang perlu
penambahan pengayaan.
5. Sebagai Patokan
Keberhasilan
Dengan evaluasi,
hasil pendidikan akan mudah diketahui dan diperoleh. Hasil dari evaluasi dapat
menjadi salah satu patokan bagi pendidik sampai sejauh mana ia melaksanakan
proses pembelajaran, apakah sesuai dengan target ataukah belum. Selain itu
dengan evaluasi, peserta didik dapat memiliki patokan pula untuk lebih giat
lagi dalam belajar. Evaluasi sangat berguna untuk mengetahui maju atau
mundurnya pendidikan di Indonesia, karena evaluasi sendiri yaitu kegiatan
menilai dan mengukur. Dengan evaluasi pula dapat diketahui titik kelemahan yang
ada di dalam lembaga pendidikan itu sendiri agar dapat mencari jalan keluar dan
menjadi lebih baik.
Nama : Lilis
Yuliati
Mata Kuliah : Evaluasi
Pembelajaran
Urgensi Evaluasi Dalam Pendidikan dan Pembelajaran
Evaluasi dalam
pendidikan dan pembelajaran sangat diperlukan untuk mengetahui
perkembangan-perkembangan yang dialami oleh seorang peserta didik. Dengan
mengevaluasi pembelajaran di akhir, maka seorang tenaga pendidik dapat menarik
banyak sekali kesimpulan penting terutama terkait dengan
perkembangan-perkembangan yang bisa dilihat dari seorang peserta didik.
Evaluasi pendidikan dan pembelajaran dapat dijadikan sebagai tolak ukur apakah
proses pendidikan dan pembelajaran yang terjadi selama ini telah belajar dengan
maksimal apa belum? Sehingga jika hal ini dilakukan maka kedepannya seorang
tenaga pendidik dapat melakukan hal yang lebih baik.
Secara umum, kegunaan data evaluasi adalah sebagai dasar untuk
mengambil sebuah keputusan dan secara khusus dapat dirinci sebagai berikut:
- Administratif :
Administrator menggunakan hasil evaluasi untuk pengelompokkan kelas,
melengkapi laporan-laporan untuk wali murid, memberikan informasi untuk
menempatkan siswa jika dia pindah sekolah, dan melengkapi laporan kemajuan
sekolah kepada instansi yang lebih tinggi.
- Instruksional: Supervisor
dan guru menggunakan hasil evaluasi untuk membantu meningkatkan cara
mengajar guru agar lebih baik.
- Bimbingan dan Penyuluhan :
Hasil yang diperoleh dari berbagai teknik evaluasi seperti tes
intelegensi, achievement test, attitude test, catatan
observasi, catatan harian, interest inventories, dan catatan
kumulatif dapat digunakan.
- Penyelidikan : Hasil yang
diperoleh digunakan untuk menyelidiki apakah ada ketidaksesuaian atau
ketidakberesan dalam program, baik dari segi siswa, guru, kurikulum,
ataupun lainnya.
Adapun Pentingnya Evaluasi untuk
Kemajuan Pendidikan dan pembelajaran ini akan dibahas lebih mendetail seperti
berikut ini:
1. Sebagai Umpan Balik Bagi
Pendidik dan Peserta Didik
Evaluasi memang
hal yang mendasar dan pokok yang harus dilaksanakan setelah melakukan suatu
kegiatan. Dengan evaluasi, pendidik dan peserta didik mendapatkan umpan balik
berupa hasil yang nantinya dapat diperbaiki dan dikembangkan. Pendidik dapat
mengetahui apakah soal yang telah ia berikan sudah cocok untuk diberikan atau
sesuai dengan prosedur yang sudah menjadi kesepakatan. Sedangkan peserta didik
dapat mengerti apa saja yang kurang pada dirinya, dalam hal nilai atau sikap
sehingga dapat diperbaiki setelah evaluasi selesai dilaksanakan. Dengan
demikian, pendidikan di Indonesia akan semakin maju.
2. Dapat Mengelompokkan
Peserta Didik Sesuai Kemampuan
Dengan evaluasi,
pengelompokan peserta didik dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, dengan
pengelompokan peserta didik, pendidik akan lebih mudah dalam melaksanakan
proses pembelajaran karena tidak adanya penghambat dalam kelas seperti ada
beberapa siswa yang kesulitan mengejar pelajaran dan sebagian besar siswa lain
sudah paham dan ingin melanjutkan ke materi berikutnya, alhasil siswa tersebut
kelabakan. Selain itu pelaksanaan pengelompokan dimaksud untuk mempermudah
peserta didik saat pelaksanaan evaluasi karena mereka sudah siap sesuai
kemampuan mereka.
3. Untuk Mengetahui
Kelanjutan Pendidikan Peserta Didik
Kemampuan peserta
didik dapat terkontrol dan terpantau dari adanya evaluasi ini. Selain dari
pihak pendidik orangtua juga dapat mengetahui kemampuan dari buah hati mereka.
Dengan evaluasi, orangtua, pendidik, dan peserta didik dapat meramalkan
kelanjutan pendidikan yang akan ditempuh selanjutnya sebagai usaha untuk
menambah ilmu. Dari evaluasi akan diketahui arah mana yang cocok untuk
meneruskan pendidikan, sehingga dari pihak peserta didik sendiri tidak
kesulitan karena sudah sesuai dengan kemampuannya.
4. Mengetahui Kemampuan
Peserta Didik
Guru dan orangtua
akan mengetahui hasil dari belajar peserta didik selama menempuh pendidikan
setelah evaluasi. Dengan evaluasi, orangtua akan mengetahui langkah apa yang
akan diambil agar dapat membantu membina dan membimbing buah hatinya dalam
menempuh masa depan dan membantu negara untuk kemajuan bangsa. Dengan
diketahuinya kemampuan peserta didik, guru akan mengerti, peserta didik mana
yang perlu mendapat perhatian khusus dan peserta didik mana yang perlu
penambahan pengayaan.
5. Sebagai Patokan
Keberhasilan
Dengan evaluasi,
hasil pendidikan akan mudah diketahui dan diperoleh. Hasil dari evaluasi dapat
menjadi salah satu patokan bagi pendidik sampai sejauh mana ia melaksanakan
proses pembelajaran, apakah sesuai dengan target ataukah belum. Selain itu
dengan evaluasi, peserta didik dapat memiliki patokan pula untuk lebih giat
lagi dalam belajar. Evaluasi sangat berguna untuk mengetahui maju atau
mundurnya pendidikan di Indonesia, karena evaluasi sendiri yaitu kegiatan
menilai dan mengukur. Dengan evaluasi pula dapat diketahui titik kelemahan yang
ada di dalam lembaga pendidikan itu sendiri agar dapat mencari jalan keluar dan
menjadi lebih baik.
Nama : Lilis
Yuliati
Mata Kuliah : Evaluasi
Pembelajaran
Urgensi Evaluasi Dalam Pendidikan dan Pembelajaran
Evaluasi dalam
pendidikan dan pembelajaran sangat diperlukan untuk mengetahui
perkembangan-perkembangan yang dialami oleh seorang peserta didik. Dengan
mengevaluasi pembelajaran di akhir, maka seorang tenaga pendidik dapat menarik
banyak sekali kesimpulan penting terutama terkait dengan
perkembangan-perkembangan yang bisa dilihat dari seorang peserta didik.
Evaluasi pendidikan dan pembelajaran dapat dijadikan sebagai tolak ukur apakah
proses pendidikan dan pembelajaran yang terjadi selama ini telah belajar dengan
maksimal apa belum? Sehingga jika hal ini dilakukan maka kedepannya seorang
tenaga pendidik dapat melakukan hal yang lebih baik.
Secara umum, kegunaan data evaluasi adalah sebagai dasar untuk
mengambil sebuah keputusan dan secara khusus dapat dirinci sebagai berikut:
- Administratif :
Administrator menggunakan hasil evaluasi untuk pengelompokkan kelas,
melengkapi laporan-laporan untuk wali murid, memberikan informasi untuk
menempatkan siswa jika dia pindah sekolah, dan melengkapi laporan kemajuan
sekolah kepada instansi yang lebih tinggi.
- Instruksional: Supervisor
dan guru menggunakan hasil evaluasi untuk membantu meningkatkan cara
mengajar guru agar lebih baik.
- Bimbingan dan Penyuluhan :
Hasil yang diperoleh dari berbagai teknik evaluasi seperti tes
intelegensi, achievement test, attitude test, catatan
observasi, catatan harian, interest inventories, dan catatan
kumulatif dapat digunakan.
- Penyelidikan : Hasil yang
diperoleh digunakan untuk menyelidiki apakah ada ketidaksesuaian atau
ketidakberesan dalam program, baik dari segi siswa, guru, kurikulum,
ataupun lainnya.
Adapun Pentingnya Evaluasi untuk
Kemajuan Pendidikan dan pembelajaran ini akan dibahas lebih mendetail seperti
berikut ini:
1. Sebagai Umpan Balik Bagi
Pendidik dan Peserta Didik
Evaluasi memang
hal yang mendasar dan pokok yang harus dilaksanakan setelah melakukan suatu
kegiatan. Dengan evaluasi, pendidik dan peserta didik mendapatkan umpan balik
berupa hasil yang nantinya dapat diperbaiki dan dikembangkan. Pendidik dapat
mengetahui apakah soal yang telah ia berikan sudah cocok untuk diberikan atau
sesuai dengan prosedur yang sudah menjadi kesepakatan. Sedangkan peserta didik
dapat mengerti apa saja yang kurang pada dirinya, dalam hal nilai atau sikap
sehingga dapat diperbaiki setelah evaluasi selesai dilaksanakan. Dengan
demikian, pendidikan di Indonesia akan semakin maju.
2. Dapat Mengelompokkan
Peserta Didik Sesuai Kemampuan
Dengan evaluasi,
pengelompokan peserta didik dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, dengan
pengelompokan peserta didik, pendidik akan lebih mudah dalam melaksanakan
proses pembelajaran karena tidak adanya penghambat dalam kelas seperti ada
beberapa siswa yang kesulitan mengejar pelajaran dan sebagian besar siswa lain
sudah paham dan ingin melanjutkan ke materi berikutnya, alhasil siswa tersebut
kelabakan. Selain itu pelaksanaan pengelompokan dimaksud untuk mempermudah
peserta didik saat pelaksanaan evaluasi karena mereka sudah siap sesuai
kemampuan mereka.
3. Untuk Mengetahui
Kelanjutan Pendidikan Peserta Didik
Kemampuan peserta
didik dapat terkontrol dan terpantau dari adanya evaluasi ini. Selain dari
pihak pendidik orangtua juga dapat mengetahui kemampuan dari buah hati mereka.
Dengan evaluasi, orangtua, pendidik, dan peserta didik dapat meramalkan
kelanjutan pendidikan yang akan ditempuh selanjutnya sebagai usaha untuk
menambah ilmu. Dari evaluasi akan diketahui arah mana yang cocok untuk
meneruskan pendidikan, sehingga dari pihak peserta didik sendiri tidak
kesulitan karena sudah sesuai dengan kemampuannya.
4. Mengetahui Kemampuan
Peserta Didik
Guru dan orangtua
akan mengetahui hasil dari belajar peserta didik selama menempuh pendidikan
setelah evaluasi. Dengan evaluasi, orangtua akan mengetahui langkah apa yang
akan diambil agar dapat membantu membina dan membimbing buah hatinya dalam
menempuh masa depan dan membantu negara untuk kemajuan bangsa. Dengan
diketahuinya kemampuan peserta didik, guru akan mengerti, peserta didik mana
yang perlu mendapat perhatian khusus dan peserta didik mana yang perlu
penambahan pengayaan.
5. Sebagai Patokan
Keberhasilan
Dengan evaluasi,
hasil pendidikan akan mudah diketahui dan diperoleh. Hasil dari evaluasi dapat
menjadi salah satu patokan bagi pendidik sampai sejauh mana ia melaksanakan
proses pembelajaran, apakah sesuai dengan target ataukah belum. Selain itu
dengan evaluasi, peserta didik dapat memiliki patokan pula untuk lebih giat
lagi dalam belajar. Evaluasi sangat berguna untuk mengetahui maju atau
mundurnya pendidikan di Indonesia, karena evaluasi sendiri yaitu kegiatan
menilai dan mengukur. Dengan evaluasi pula dapat diketahui titik kelemahan yang
ada di dalam lembaga pendidikan itu sendiri agar dapat mencari jalan keluar dan
menjadi lebih baik.
Nama : Lilis
Yuliati
Mata Kuliah : Evaluasi
Pembelajaran
Urgensi Evaluasi Dalam Pendidikan dan Pembelajaran
Evaluasi dalam
pendidikan dan pembelajaran sangat diperlukan untuk mengetahui
perkembangan-perkembangan yang dialami oleh seorang peserta didik. Dengan
mengevaluasi pembelajaran di akhir, maka seorang tenaga pendidik dapat menarik
banyak sekali kesimpulan penting terutama terkait dengan
perkembangan-perkembangan yang bisa dilihat dari seorang peserta didik.
Evaluasi pendidikan dan pembelajaran dapat dijadikan sebagai tolak ukur apakah
proses pendidikan dan pembelajaran yang terjadi selama ini telah belajar dengan
maksimal apa belum? Sehingga jika hal ini dilakukan maka kedepannya seorang
tenaga pendidik dapat melakukan hal yang lebih baik.
Secara umum, kegunaan data evaluasi adalah sebagai dasar untuk
mengambil sebuah keputusan dan secara khusus dapat dirinci sebagai berikut:
- Administratif :
Administrator menggunakan hasil evaluasi untuk pengelompokkan kelas,
melengkapi laporan-laporan untuk wali murid, memberikan informasi untuk
menempatkan siswa jika dia pindah sekolah, dan melengkapi laporan kemajuan
sekolah kepada instansi yang lebih tinggi.
- Instruksional: Supervisor
dan guru menggunakan hasil evaluasi untuk membantu meningkatkan cara
mengajar guru agar lebih baik.
- Bimbingan dan Penyuluhan :
Hasil yang diperoleh dari berbagai teknik evaluasi seperti tes
intelegensi, achievement test, attitude test, catatan
observasi, catatan harian, interest inventories, dan catatan
kumulatif dapat digunakan.
- Penyelidikan : Hasil yang
diperoleh digunakan untuk menyelidiki apakah ada ketidaksesuaian atau
ketidakberesan dalam program, baik dari segi siswa, guru, kurikulum,
ataupun lainnya.
Adapun Pentingnya Evaluasi untuk
Kemajuan Pendidikan dan pembelajaran ini akan dibahas lebih mendetail seperti
berikut ini:
1. Sebagai Umpan Balik Bagi
Pendidik dan Peserta Didik
Evaluasi memang
hal yang mendasar dan pokok yang harus dilaksanakan setelah melakukan suatu
kegiatan. Dengan evaluasi, pendidik dan peserta didik mendapatkan umpan balik
berupa hasil yang nantinya dapat diperbaiki dan dikembangkan. Pendidik dapat
mengetahui apakah soal yang telah ia berikan sudah cocok untuk diberikan atau
sesuai dengan prosedur yang sudah menjadi kesepakatan. Sedangkan peserta didik
dapat mengerti apa saja yang kurang pada dirinya, dalam hal nilai atau sikap
sehingga dapat diperbaiki setelah evaluasi selesai dilaksanakan. Dengan
demikian, pendidikan di Indonesia akan semakin maju.
2. Dapat Mengelompokkan
Peserta Didik Sesuai Kemampuan
Dengan evaluasi,
pengelompokan peserta didik dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, dengan
pengelompokan peserta didik, pendidik akan lebih mudah dalam melaksanakan
proses pembelajaran karena tidak adanya penghambat dalam kelas seperti ada
beberapa siswa yang kesulitan mengejar pelajaran dan sebagian besar siswa lain
sudah paham dan ingin melanjutkan ke materi berikutnya, alhasil siswa tersebut
kelabakan. Selain itu pelaksanaan pengelompokan dimaksud untuk mempermudah
peserta didik saat pelaksanaan evaluasi karena mereka sudah siap sesuai
kemampuan mereka.
3. Untuk Mengetahui
Kelanjutan Pendidikan Peserta Didik
Kemampuan peserta
didik dapat terkontrol dan terpantau dari adanya evaluasi ini. Selain dari
pihak pendidik orangtua juga dapat mengetahui kemampuan dari buah hati mereka.
Dengan evaluasi, orangtua, pendidik, dan peserta didik dapat meramalkan
kelanjutan pendidikan yang akan ditempuh selanjutnya sebagai usaha untuk
menambah ilmu. Dari evaluasi akan diketahui arah mana yang cocok untuk
meneruskan pendidikan, sehingga dari pihak peserta didik sendiri tidak
kesulitan karena sudah sesuai dengan kemampuannya.
4. Mengetahui Kemampuan
Peserta Didik
Guru dan orangtua
akan mengetahui hasil dari belajar peserta didik selama menempuh pendidikan
setelah evaluasi. Dengan evaluasi, orangtua akan mengetahui langkah apa yang
akan diambil agar dapat membantu membina dan membimbing buah hatinya dalam
menempuh masa depan dan membantu negara untuk kemajuan bangsa. Dengan
diketahuinya kemampuan peserta didik, guru akan mengerti, peserta didik mana
yang perlu mendapat perhatian khusus dan peserta didik mana yang perlu
penambahan pengayaan.
5. Sebagai Patokan
Keberhasilan
Dengan evaluasi,
hasil pendidikan akan mudah diketahui dan diperoleh. Hasil dari evaluasi dapat
menjadi salah satu patokan bagi pendidik sampai sejauh mana ia melaksanakan
proses pembelajaran, apakah sesuai dengan target ataukah belum. Selain itu
dengan evaluasi, peserta didik dapat memiliki patokan pula untuk lebih giat
lagi dalam belajar. Evaluasi sangat berguna untuk mengetahui maju atau
mundurnya pendidikan di Indonesia, karena evaluasi sendiri yaitu kegiatan
menilai dan mengukur. Dengan evaluasi pula dapat diketahui titik kelemahan yang
ada di dalam lembaga pendidikan itu sendiri agar dapat mencari jalan keluar dan
menjadi lebih baik.
Komentar
Posting Komentar