Langsung ke konten utama

urgensi evaluasi dalam pendidikan dan pembelajaran

Nama              : Lilis Yuliati
Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran

Urgensi Evaluasi Dalam Pendidikan dan Pembelajaran
Evaluasi dalam pendidikan dan pembelajaran sangat diperlukan untuk mengetahui perkembangan-perkembangan yang dialami oleh seorang peserta didik. Dengan mengevaluasi pembelajaran di akhir, maka seorang tenaga pendidik dapat menarik banyak sekali kesimpulan penting terutama terkait dengan perkembangan-perkembangan yang bisa dilihat dari seorang peserta didik. Evaluasi pendidikan dan pembelajaran dapat dijadikan sebagai tolak ukur apakah proses pendidikan dan pembelajaran yang terjadi selama ini telah belajar dengan maksimal apa belum? Sehingga jika hal ini dilakukan maka kedepannya seorang tenaga pendidik dapat melakukan hal yang lebih baik.
Secara umum, kegunaan data evaluasi adalah sebagai dasar untuk mengambil sebuah keputusan dan secara khusus dapat dirinci sebagai berikut:
  1. Administratif : Administrator menggunakan hasil evaluasi untuk pengelompokkan kelas, melengkapi laporan-laporan untuk wali murid, memberikan informasi untuk menempatkan siswa jika dia pindah sekolah, dan melengkapi laporan kemajuan sekolah kepada instansi yang lebih tinggi.
  2. Instruksional: Supervisor dan guru menggunakan hasil evaluasi untuk membantu meningkatkan cara mengajar guru agar lebih baik.
  3. Bimbingan dan Penyuluhan : Hasil yang diperoleh dari berbagai teknik evaluasi seperti tes intelegensi, achievement test, attitude test, catatan observasi, catatan harian, interest inventories, dan catatan kumulatif dapat digunakan.
  4. Penyelidikan : Hasil yang diperoleh digunakan untuk menyelidiki apakah ada ketidaksesuaian atau ketidakberesan dalam program, baik dari segi siswa, guru, kurikulum, ataupun lainnya.
Adapun Pentingnya Evaluasi untuk Kemajuan Pendidikan dan pembelajaran ini akan dibahas lebih mendetail seperti berikut ini:
1. Sebagai Umpan Balik Bagi Pendidik dan Peserta Didik
Evaluasi memang hal yang mendasar dan pokok yang harus dilaksanakan setelah melakukan suatu kegiatan. Dengan evaluasi, pendidik dan peserta didik mendapatkan umpan balik berupa hasil yang nantinya dapat diperbaiki dan dikembangkan. Pendidik dapat mengetahui apakah soal yang telah ia berikan sudah cocok untuk diberikan atau sesuai dengan prosedur yang sudah menjadi kesepakatan. Sedangkan peserta didik dapat mengerti apa saja yang kurang pada dirinya, dalam hal nilai atau sikap sehingga dapat diperbaiki setelah evaluasi selesai dilaksanakan. Dengan demikian, pendidikan di Indonesia akan semakin maju.
2. Dapat Mengelompokkan Peserta Didik Sesuai Kemampuan
Dengan evaluasi, pengelompokan peserta didik dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, dengan pengelompokan peserta didik, pendidik akan lebih mudah dalam melaksanakan proses pembelajaran karena tidak adanya penghambat dalam kelas seperti ada beberapa siswa yang kesulitan mengejar pelajaran dan sebagian besar siswa lain sudah paham dan ingin melanjutkan ke materi berikutnya, alhasil siswa tersebut kelabakan. Selain itu pelaksanaan pengelompokan dimaksud untuk mempermudah peserta didik saat pelaksanaan evaluasi karena mereka sudah siap sesuai kemampuan mereka.
3. Untuk Mengetahui Kelanjutan Pendidikan Peserta Didik
Kemampuan peserta didik dapat terkontrol dan terpantau dari adanya evaluasi ini. Selain dari pihak pendidik orangtua juga dapat mengetahui kemampuan dari buah hati mereka. Dengan evaluasi, orangtua, pendidik, dan peserta didik dapat meramalkan kelanjutan pendidikan yang akan ditempuh selanjutnya sebagai usaha untuk menambah ilmu. Dari evaluasi akan diketahui arah mana yang cocok untuk meneruskan pendidikan, sehingga dari pihak peserta didik sendiri tidak kesulitan karena sudah sesuai dengan kemampuannya.
4. Mengetahui Kemampuan Peserta Didik
Guru dan orangtua akan mengetahui hasil dari belajar peserta didik selama menempuh pendidikan setelah evaluasi. Dengan evaluasi, orangtua akan mengetahui langkah apa yang akan diambil agar dapat membantu membina dan membimbing buah hatinya dalam menempuh masa depan dan membantu negara untuk kemajuan bangsa. Dengan diketahuinya kemampuan peserta didik, guru akan mengerti, peserta didik mana yang perlu mendapat perhatian khusus dan peserta didik mana yang perlu penambahan pengayaan.
5. Sebagai Patokan Keberhasilan
Dengan evaluasi, hasil pendidikan akan mudah diketahui dan diperoleh. Hasil dari evaluasi dapat menjadi salah satu patokan bagi pendidik sampai sejauh mana ia melaksanakan proses pembelajaran, apakah sesuai dengan target ataukah belum. Selain itu dengan evaluasi, peserta didik dapat memiliki patokan pula untuk lebih giat lagi dalam belajar. Evaluasi sangat berguna untuk mengetahui maju atau mundurnya pendidikan di Indonesia, karena evaluasi sendiri yaitu kegiatan menilai dan mengukur. Dengan evaluasi pula dapat diketahui titik kelemahan yang ada di dalam lembaga pendidikan itu sendiri agar dapat mencari jalan keluar dan menjadi lebih baik.

 Nama              : Lilis Yuliati
Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran

Urgensi Evaluasi Dalam Pendidikan dan Pembelajaran
Evaluasi dalam pendidikan dan pembelajaran sangat diperlukan untuk mengetahui perkembangan-perkembangan yang dialami oleh seorang peserta didik. Dengan mengevaluasi pembelajaran di akhir, maka seorang tenaga pendidik dapat menarik banyak sekali kesimpulan penting terutama terkait dengan perkembangan-perkembangan yang bisa dilihat dari seorang peserta didik. Evaluasi pendidikan dan pembelajaran dapat dijadikan sebagai tolak ukur apakah proses pendidikan dan pembelajaran yang terjadi selama ini telah belajar dengan maksimal apa belum? Sehingga jika hal ini dilakukan maka kedepannya seorang tenaga pendidik dapat melakukan hal yang lebih baik.
Secara umum, kegunaan data evaluasi adalah sebagai dasar untuk mengambil sebuah keputusan dan secara khusus dapat dirinci sebagai berikut:
  1. Administratif : Administrator menggunakan hasil evaluasi untuk pengelompokkan kelas, melengkapi laporan-laporan untuk wali murid, memberikan informasi untuk menempatkan siswa jika dia pindah sekolah, dan melengkapi laporan kemajuan sekolah kepada instansi yang lebih tinggi.
  2. Instruksional: Supervisor dan guru menggunakan hasil evaluasi untuk membantu meningkatkan cara mengajar guru agar lebih baik.
  3. Bimbingan dan Penyuluhan : Hasil yang diperoleh dari berbagai teknik evaluasi seperti tes intelegensi, achievement test, attitude test, catatan observasi, catatan harian, interest inventories, dan catatan kumulatif dapat digunakan.
  4. Penyelidikan : Hasil yang diperoleh digunakan untuk menyelidiki apakah ada ketidaksesuaian atau ketidakberesan dalam program, baik dari segi siswa, guru, kurikulum, ataupun lainnya.
Adapun Pentingnya Evaluasi untuk Kemajuan Pendidikan dan pembelajaran ini akan dibahas lebih mendetail seperti berikut ini:
1. Sebagai Umpan Balik Bagi Pendidik dan Peserta Didik
Evaluasi memang hal yang mendasar dan pokok yang harus dilaksanakan setelah melakukan suatu kegiatan. Dengan evaluasi, pendidik dan peserta didik mendapatkan umpan balik berupa hasil yang nantinya dapat diperbaiki dan dikembangkan. Pendidik dapat mengetahui apakah soal yang telah ia berikan sudah cocok untuk diberikan atau sesuai dengan prosedur yang sudah menjadi kesepakatan. Sedangkan peserta didik dapat mengerti apa saja yang kurang pada dirinya, dalam hal nilai atau sikap sehingga dapat diperbaiki setelah evaluasi selesai dilaksanakan. Dengan demikian, pendidikan di Indonesia akan semakin maju.
2. Dapat Mengelompokkan Peserta Didik Sesuai Kemampuan
Dengan evaluasi, pengelompokan peserta didik dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, dengan pengelompokan peserta didik, pendidik akan lebih mudah dalam melaksanakan proses pembelajaran karena tidak adanya penghambat dalam kelas seperti ada beberapa siswa yang kesulitan mengejar pelajaran dan sebagian besar siswa lain sudah paham dan ingin melanjutkan ke materi berikutnya, alhasil siswa tersebut kelabakan. Selain itu pelaksanaan pengelompokan dimaksud untuk mempermudah peserta didik saat pelaksanaan evaluasi karena mereka sudah siap sesuai kemampuan mereka.
3. Untuk Mengetahui Kelanjutan Pendidikan Peserta Didik
Kemampuan peserta didik dapat terkontrol dan terpantau dari adanya evaluasi ini. Selain dari pihak pendidik orangtua juga dapat mengetahui kemampuan dari buah hati mereka. Dengan evaluasi, orangtua, pendidik, dan peserta didik dapat meramalkan kelanjutan pendidikan yang akan ditempuh selanjutnya sebagai usaha untuk menambah ilmu. Dari evaluasi akan diketahui arah mana yang cocok untuk meneruskan pendidikan, sehingga dari pihak peserta didik sendiri tidak kesulitan karena sudah sesuai dengan kemampuannya.
4. Mengetahui Kemampuan Peserta Didik
Guru dan orangtua akan mengetahui hasil dari belajar peserta didik selama menempuh pendidikan setelah evaluasi. Dengan evaluasi, orangtua akan mengetahui langkah apa yang akan diambil agar dapat membantu membina dan membimbing buah hatinya dalam menempuh masa depan dan membantu negara untuk kemajuan bangsa. Dengan diketahuinya kemampuan peserta didik, guru akan mengerti, peserta didik mana yang perlu mendapat perhatian khusus dan peserta didik mana yang perlu penambahan pengayaan.
5. Sebagai Patokan Keberhasilan
Dengan evaluasi, hasil pendidikan akan mudah diketahui dan diperoleh. Hasil dari evaluasi dapat menjadi salah satu patokan bagi pendidik sampai sejauh mana ia melaksanakan proses pembelajaran, apakah sesuai dengan target ataukah belum. Selain itu dengan evaluasi, peserta didik dapat memiliki patokan pula untuk lebih giat lagi dalam belajar. Evaluasi sangat berguna untuk mengetahui maju atau mundurnya pendidikan di Indonesia, karena evaluasi sendiri yaitu kegiatan menilai dan mengukur. Dengan evaluasi pula dapat diketahui titik kelemahan yang ada di dalam lembaga pendidikan itu sendiri agar dapat mencari jalan keluar dan menjadi lebih baik.
 Nama              : Lilis Yuliati
Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran

Urgensi Evaluasi Dalam Pendidikan dan Pembelajaran
Evaluasi dalam pendidikan dan pembelajaran sangat diperlukan untuk mengetahui perkembangan-perkembangan yang dialami oleh seorang peserta didik. Dengan mengevaluasi pembelajaran di akhir, maka seorang tenaga pendidik dapat menarik banyak sekali kesimpulan penting terutama terkait dengan perkembangan-perkembangan yang bisa dilihat dari seorang peserta didik. Evaluasi pendidikan dan pembelajaran dapat dijadikan sebagai tolak ukur apakah proses pendidikan dan pembelajaran yang terjadi selama ini telah belajar dengan maksimal apa belum? Sehingga jika hal ini dilakukan maka kedepannya seorang tenaga pendidik dapat melakukan hal yang lebih baik.
Secara umum, kegunaan data evaluasi adalah sebagai dasar untuk mengambil sebuah keputusan dan secara khusus dapat dirinci sebagai berikut:
  1. Administratif : Administrator menggunakan hasil evaluasi untuk pengelompokkan kelas, melengkapi laporan-laporan untuk wali murid, memberikan informasi untuk menempatkan siswa jika dia pindah sekolah, dan melengkapi laporan kemajuan sekolah kepada instansi yang lebih tinggi.
  2. Instruksional: Supervisor dan guru menggunakan hasil evaluasi untuk membantu meningkatkan cara mengajar guru agar lebih baik.
  3. Bimbingan dan Penyuluhan : Hasil yang diperoleh dari berbagai teknik evaluasi seperti tes intelegensi, achievement test, attitude test, catatan observasi, catatan harian, interest inventories, dan catatan kumulatif dapat digunakan.
  4. Penyelidikan : Hasil yang diperoleh digunakan untuk menyelidiki apakah ada ketidaksesuaian atau ketidakberesan dalam program, baik dari segi siswa, guru, kurikulum, ataupun lainnya.
Adapun Pentingnya Evaluasi untuk Kemajuan Pendidikan dan pembelajaran ini akan dibahas lebih mendetail seperti berikut ini:
1. Sebagai Umpan Balik Bagi Pendidik dan Peserta Didik
Evaluasi memang hal yang mendasar dan pokok yang harus dilaksanakan setelah melakukan suatu kegiatan. Dengan evaluasi, pendidik dan peserta didik mendapatkan umpan balik berupa hasil yang nantinya dapat diperbaiki dan dikembangkan. Pendidik dapat mengetahui apakah soal yang telah ia berikan sudah cocok untuk diberikan atau sesuai dengan prosedur yang sudah menjadi kesepakatan. Sedangkan peserta didik dapat mengerti apa saja yang kurang pada dirinya, dalam hal nilai atau sikap sehingga dapat diperbaiki setelah evaluasi selesai dilaksanakan. Dengan demikian, pendidikan di Indonesia akan semakin maju.
2. Dapat Mengelompokkan Peserta Didik Sesuai Kemampuan
Dengan evaluasi, pengelompokan peserta didik dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, dengan pengelompokan peserta didik, pendidik akan lebih mudah dalam melaksanakan proses pembelajaran karena tidak adanya penghambat dalam kelas seperti ada beberapa siswa yang kesulitan mengejar pelajaran dan sebagian besar siswa lain sudah paham dan ingin melanjutkan ke materi berikutnya, alhasil siswa tersebut kelabakan. Selain itu pelaksanaan pengelompokan dimaksud untuk mempermudah peserta didik saat pelaksanaan evaluasi karena mereka sudah siap sesuai kemampuan mereka.
3. Untuk Mengetahui Kelanjutan Pendidikan Peserta Didik
Kemampuan peserta didik dapat terkontrol dan terpantau dari adanya evaluasi ini. Selain dari pihak pendidik orangtua juga dapat mengetahui kemampuan dari buah hati mereka. Dengan evaluasi, orangtua, pendidik, dan peserta didik dapat meramalkan kelanjutan pendidikan yang akan ditempuh selanjutnya sebagai usaha untuk menambah ilmu. Dari evaluasi akan diketahui arah mana yang cocok untuk meneruskan pendidikan, sehingga dari pihak peserta didik sendiri tidak kesulitan karena sudah sesuai dengan kemampuannya.
4. Mengetahui Kemampuan Peserta Didik
Guru dan orangtua akan mengetahui hasil dari belajar peserta didik selama menempuh pendidikan setelah evaluasi. Dengan evaluasi, orangtua akan mengetahui langkah apa yang akan diambil agar dapat membantu membina dan membimbing buah hatinya dalam menempuh masa depan dan membantu negara untuk kemajuan bangsa. Dengan diketahuinya kemampuan peserta didik, guru akan mengerti, peserta didik mana yang perlu mendapat perhatian khusus dan peserta didik mana yang perlu penambahan pengayaan.
5. Sebagai Patokan Keberhasilan
Dengan evaluasi, hasil pendidikan akan mudah diketahui dan diperoleh. Hasil dari evaluasi dapat menjadi salah satu patokan bagi pendidik sampai sejauh mana ia melaksanakan proses pembelajaran, apakah sesuai dengan target ataukah belum. Selain itu dengan evaluasi, peserta didik dapat memiliki patokan pula untuk lebih giat lagi dalam belajar. Evaluasi sangat berguna untuk mengetahui maju atau mundurnya pendidikan di Indonesia, karena evaluasi sendiri yaitu kegiatan menilai dan mengukur. Dengan evaluasi pula dapat diketahui titik kelemahan yang ada di dalam lembaga pendidikan itu sendiri agar dapat mencari jalan keluar dan menjadi lebih baik.
 Nama              : Lilis Yuliati
Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran

Urgensi Evaluasi Dalam Pendidikan dan Pembelajaran
Evaluasi dalam pendidikan dan pembelajaran sangat diperlukan untuk mengetahui perkembangan-perkembangan yang dialami oleh seorang peserta didik. Dengan mengevaluasi pembelajaran di akhir, maka seorang tenaga pendidik dapat menarik banyak sekali kesimpulan penting terutama terkait dengan perkembangan-perkembangan yang bisa dilihat dari seorang peserta didik. Evaluasi pendidikan dan pembelajaran dapat dijadikan sebagai tolak ukur apakah proses pendidikan dan pembelajaran yang terjadi selama ini telah belajar dengan maksimal apa belum? Sehingga jika hal ini dilakukan maka kedepannya seorang tenaga pendidik dapat melakukan hal yang lebih baik.
Secara umum, kegunaan data evaluasi adalah sebagai dasar untuk mengambil sebuah keputusan dan secara khusus dapat dirinci sebagai berikut:
  1. Administratif : Administrator menggunakan hasil evaluasi untuk pengelompokkan kelas, melengkapi laporan-laporan untuk wali murid, memberikan informasi untuk menempatkan siswa jika dia pindah sekolah, dan melengkapi laporan kemajuan sekolah kepada instansi yang lebih tinggi.
  2. Instruksional: Supervisor dan guru menggunakan hasil evaluasi untuk membantu meningkatkan cara mengajar guru agar lebih baik.
  3. Bimbingan dan Penyuluhan : Hasil yang diperoleh dari berbagai teknik evaluasi seperti tes intelegensi, achievement test, attitude test, catatan observasi, catatan harian, interest inventories, dan catatan kumulatif dapat digunakan.
  4. Penyelidikan : Hasil yang diperoleh digunakan untuk menyelidiki apakah ada ketidaksesuaian atau ketidakberesan dalam program, baik dari segi siswa, guru, kurikulum, ataupun lainnya.
Adapun Pentingnya Evaluasi untuk Kemajuan Pendidikan dan pembelajaran ini akan dibahas lebih mendetail seperti berikut ini:
1. Sebagai Umpan Balik Bagi Pendidik dan Peserta Didik
Evaluasi memang hal yang mendasar dan pokok yang harus dilaksanakan setelah melakukan suatu kegiatan. Dengan evaluasi, pendidik dan peserta didik mendapatkan umpan balik berupa hasil yang nantinya dapat diperbaiki dan dikembangkan. Pendidik dapat mengetahui apakah soal yang telah ia berikan sudah cocok untuk diberikan atau sesuai dengan prosedur yang sudah menjadi kesepakatan. Sedangkan peserta didik dapat mengerti apa saja yang kurang pada dirinya, dalam hal nilai atau sikap sehingga dapat diperbaiki setelah evaluasi selesai dilaksanakan. Dengan demikian, pendidikan di Indonesia akan semakin maju.
2. Dapat Mengelompokkan Peserta Didik Sesuai Kemampuan
Dengan evaluasi, pengelompokan peserta didik dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, dengan pengelompokan peserta didik, pendidik akan lebih mudah dalam melaksanakan proses pembelajaran karena tidak adanya penghambat dalam kelas seperti ada beberapa siswa yang kesulitan mengejar pelajaran dan sebagian besar siswa lain sudah paham dan ingin melanjutkan ke materi berikutnya, alhasil siswa tersebut kelabakan. Selain itu pelaksanaan pengelompokan dimaksud untuk mempermudah peserta didik saat pelaksanaan evaluasi karena mereka sudah siap sesuai kemampuan mereka.
3. Untuk Mengetahui Kelanjutan Pendidikan Peserta Didik
Kemampuan peserta didik dapat terkontrol dan terpantau dari adanya evaluasi ini. Selain dari pihak pendidik orangtua juga dapat mengetahui kemampuan dari buah hati mereka. Dengan evaluasi, orangtua, pendidik, dan peserta didik dapat meramalkan kelanjutan pendidikan yang akan ditempuh selanjutnya sebagai usaha untuk menambah ilmu. Dari evaluasi akan diketahui arah mana yang cocok untuk meneruskan pendidikan, sehingga dari pihak peserta didik sendiri tidak kesulitan karena sudah sesuai dengan kemampuannya.
4. Mengetahui Kemampuan Peserta Didik
Guru dan orangtua akan mengetahui hasil dari belajar peserta didik selama menempuh pendidikan setelah evaluasi. Dengan evaluasi, orangtua akan mengetahui langkah apa yang akan diambil agar dapat membantu membina dan membimbing buah hatinya dalam menempuh masa depan dan membantu negara untuk kemajuan bangsa. Dengan diketahuinya kemampuan peserta didik, guru akan mengerti, peserta didik mana yang perlu mendapat perhatian khusus dan peserta didik mana yang perlu penambahan pengayaan.
5. Sebagai Patokan Keberhasilan
Dengan evaluasi, hasil pendidikan akan mudah diketahui dan diperoleh. Hasil dari evaluasi dapat menjadi salah satu patokan bagi pendidik sampai sejauh mana ia melaksanakan proses pembelajaran, apakah sesuai dengan target ataukah belum. Selain itu dengan evaluasi, peserta didik dapat memiliki patokan pula untuk lebih giat lagi dalam belajar. Evaluasi sangat berguna untuk mengetahui maju atau mundurnya pendidikan di Indonesia, karena evaluasi sendiri yaitu kegiatan menilai dan mengukur. Dengan evaluasi pula dapat diketahui titik kelemahan yang ada di dalam lembaga pendidikan itu sendiri agar dapat mencari jalan keluar dan menjadi lebih baik.
 Nama              : Lilis Yuliati
Mata Kuliah : Evaluasi Pembelajaran

Urgensi Evaluasi Dalam Pendidikan dan Pembelajaran
Evaluasi dalam pendidikan dan pembelajaran sangat diperlukan untuk mengetahui perkembangan-perkembangan yang dialami oleh seorang peserta didik. Dengan mengevaluasi pembelajaran di akhir, maka seorang tenaga pendidik dapat menarik banyak sekali kesimpulan penting terutama terkait dengan perkembangan-perkembangan yang bisa dilihat dari seorang peserta didik. Evaluasi pendidikan dan pembelajaran dapat dijadikan sebagai tolak ukur apakah proses pendidikan dan pembelajaran yang terjadi selama ini telah belajar dengan maksimal apa belum? Sehingga jika hal ini dilakukan maka kedepannya seorang tenaga pendidik dapat melakukan hal yang lebih baik.
Secara umum, kegunaan data evaluasi adalah sebagai dasar untuk mengambil sebuah keputusan dan secara khusus dapat dirinci sebagai berikut:
  1. Administratif : Administrator menggunakan hasil evaluasi untuk pengelompokkan kelas, melengkapi laporan-laporan untuk wali murid, memberikan informasi untuk menempatkan siswa jika dia pindah sekolah, dan melengkapi laporan kemajuan sekolah kepada instansi yang lebih tinggi.
  2. Instruksional: Supervisor dan guru menggunakan hasil evaluasi untuk membantu meningkatkan cara mengajar guru agar lebih baik.
  3. Bimbingan dan Penyuluhan : Hasil yang diperoleh dari berbagai teknik evaluasi seperti tes intelegensi, achievement test, attitude test, catatan observasi, catatan harian, interest inventories, dan catatan kumulatif dapat digunakan.
  4. Penyelidikan : Hasil yang diperoleh digunakan untuk menyelidiki apakah ada ketidaksesuaian atau ketidakberesan dalam program, baik dari segi siswa, guru, kurikulum, ataupun lainnya.
Adapun Pentingnya Evaluasi untuk Kemajuan Pendidikan dan pembelajaran ini akan dibahas lebih mendetail seperti berikut ini:
1. Sebagai Umpan Balik Bagi Pendidik dan Peserta Didik
Evaluasi memang hal yang mendasar dan pokok yang harus dilaksanakan setelah melakukan suatu kegiatan. Dengan evaluasi, pendidik dan peserta didik mendapatkan umpan balik berupa hasil yang nantinya dapat diperbaiki dan dikembangkan. Pendidik dapat mengetahui apakah soal yang telah ia berikan sudah cocok untuk diberikan atau sesuai dengan prosedur yang sudah menjadi kesepakatan. Sedangkan peserta didik dapat mengerti apa saja yang kurang pada dirinya, dalam hal nilai atau sikap sehingga dapat diperbaiki setelah evaluasi selesai dilaksanakan. Dengan demikian, pendidikan di Indonesia akan semakin maju.
2. Dapat Mengelompokkan Peserta Didik Sesuai Kemampuan
Dengan evaluasi, pengelompokan peserta didik dapat dilakukan dengan mudah. Selain itu, dengan pengelompokan peserta didik, pendidik akan lebih mudah dalam melaksanakan proses pembelajaran karena tidak adanya penghambat dalam kelas seperti ada beberapa siswa yang kesulitan mengejar pelajaran dan sebagian besar siswa lain sudah paham dan ingin melanjutkan ke materi berikutnya, alhasil siswa tersebut kelabakan. Selain itu pelaksanaan pengelompokan dimaksud untuk mempermudah peserta didik saat pelaksanaan evaluasi karena mereka sudah siap sesuai kemampuan mereka.
3. Untuk Mengetahui Kelanjutan Pendidikan Peserta Didik
Kemampuan peserta didik dapat terkontrol dan terpantau dari adanya evaluasi ini. Selain dari pihak pendidik orangtua juga dapat mengetahui kemampuan dari buah hati mereka. Dengan evaluasi, orangtua, pendidik, dan peserta didik dapat meramalkan kelanjutan pendidikan yang akan ditempuh selanjutnya sebagai usaha untuk menambah ilmu. Dari evaluasi akan diketahui arah mana yang cocok untuk meneruskan pendidikan, sehingga dari pihak peserta didik sendiri tidak kesulitan karena sudah sesuai dengan kemampuannya.
4. Mengetahui Kemampuan Peserta Didik
Guru dan orangtua akan mengetahui hasil dari belajar peserta didik selama menempuh pendidikan setelah evaluasi. Dengan evaluasi, orangtua akan mengetahui langkah apa yang akan diambil agar dapat membantu membina dan membimbing buah hatinya dalam menempuh masa depan dan membantu negara untuk kemajuan bangsa. Dengan diketahuinya kemampuan peserta didik, guru akan mengerti, peserta didik mana yang perlu mendapat perhatian khusus dan peserta didik mana yang perlu penambahan pengayaan.
5. Sebagai Patokan Keberhasilan
Dengan evaluasi, hasil pendidikan akan mudah diketahui dan diperoleh. Hasil dari evaluasi dapat menjadi salah satu patokan bagi pendidik sampai sejauh mana ia melaksanakan proses pembelajaran, apakah sesuai dengan target ataukah belum. Selain itu dengan evaluasi, peserta didik dapat memiliki patokan pula untuk lebih giat lagi dalam belajar. Evaluasi sangat berguna untuk mengetahui maju atau mundurnya pendidikan di Indonesia, karena evaluasi sendiri yaitu kegiatan menilai dan mengukur. Dengan evaluasi pula dapat diketahui titik kelemahan yang ada di dalam lembaga pendidikan itu sendiri agar dapat mencari jalan keluar dan menjadi lebih baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyisipkan Gambar, Audio dan Video pada Ms Powerpoint

Cara Menyisipkan Gambar, Audio dan Video pada Ms Powerpoint             Pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas bagaimana cara memasukan Gambar, audio ataupun video pada Ms Power Point. Sebelum jauh kepembahasan pokok alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu Ms Power Point. Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada ve...

Langkah-Langkah Membuat E-Book dengan 3D PageFlip

Langkah-Langkah Membuat E-Book dengan 3D PageFlip  Buku digital atau E-Book  merupakan  sebuah publikasi yang terdiri dari teks, gambar maupun suara dan publikasikan dalam bentuk digital yang dapat dibaca di komputer maupun alat elektronik lainnya. Begitu pula  Jenis buku digital atau E-book  hanya ada 1 yaitu file PDF. cara membuatnya bisa ketik di dokumen dengan program Microsoft Word, kemudian nanti baru di konversi menjadi PDF dengan program PDF24. FUNGSI KEGUNAAN BUKU DIGITAL 1.   Sebagai sarana pembelajaran 2.  Untuk media pembelajaran 3.  Untuk media bisnis TUJUAN BUKU DIGITAL 1.  Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar melalui platform Edmodo. 2.  Memudahkan guru untuk Memberi tugas kepada muridnya melalui platform Edmodo. 3.  Memudahkan untuk belajar kelompok via Online bagi murid. 4.  Guru dapat memberi materi walaupun guru sedang tugas luar melalui platform...

Peran Teknologi Informasi bagi Guru di SDN Banyuresmi 3

Kehadiran teknologi Informasi merupakan suatu jalan menuju kemajuan. Teknologi menawarkan berbagai fasilitas kepada masyarakat untuk berkembang lebih moderen. Banyak bidang teknologi berdasarkan domain masalahnya seperti teknologi komunikasi, teknologi informasi, teknologi transfortasi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam hal ini penulis lebih mengarahkan pembahasan ini kepada masalah teknologi informasi. Menurut  Information Technology Association of America  (ITTA), Teknologi Informasi adalah suatu studi, perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terkhususnya pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Teknologi informasi memanfaatkan komputer elektronik dan perangkat lunak komputer untuk mengubah, menyimpan, memproses, melindungi, mentransmisikan dan memperoleh informasi secara aman ( http://www.pengertianpakar.com ). Dengan adanya teknologi informasi (TI) maka dapat m...