Langsung ke konten utama

Etika Dalam Menulis Email



Etika Dalam Menulis Email
Etika (Yunani Kuno: "ethikos", berarti "timbul dari kebiasaan") adalah sebuah sesuatu di mana dan bagaimana cabang utama filsafat yang mempelajari nilai atau kualitas yang menjadi studi mengenai standar dan penilaian moral.[butuh rujukan] Etika mencakup analisis dan penerapan konsep seperti benar, salah, baik, buruk, dan tanggung jawab St. John of Damascus (abad ke-7 Masehi) menempatkan etika di dalam kajian filsafat praktis (practical philosophy).

Etika dimulai bila manusia merefleksikan unsur-unsur etis dalam pendapat-pendapat spontan kita. Kebutuhan akan refleksi itu akan kita rasakan, antara lain karena pendapat etis kita tidak jarang berbeda dengan pendapat orang lain.Untuk itulah diperlukan etika, yaitu untuk mencari tahu apa yang seharusnya dilakukan oleh manusia.
Sementara itu, Surat elektronik (akronim: ratel, ratron, surel, atau surat-e) atau pos elektronik (akronim: pos-el.) atau imel (bahasa Inggris: email) adalah sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya Internet).
Dengan surat biasa umumnya pengirim perlu membayar per pengiriman (dengan membeli perangko), tetapi surat elektronik umumnya biaya yang dikeluarkan adalah biaya untuk membayar sambungan Internet. Tapi ada perkecualian misalnya surat elektronik ke telepon genggam, kadang pembayarannya ditagih per pengiriman

Secara metodologis, tidak setiap hal menilai perbuatan dapat dikatakan sebagai etika. Etika memerlukan sikap kritis, metodis, dan sistematis dalam melakukan refleksi. Karena itulah etika merupakan suatu ilmu. Sebagai suatu ilmu, objek dari etika adalah tingkah laku manusia. Akan tetapi berbeda dengan ilmu-ilmu lain yang meneliti juga tingkah laku manusia, etika memiliki sudut pandang normatif. Maksudnya etika melihat dari sudut baik dan buruk terhadap perbuatan manusia. Menulis email kepada rekan, bos, atau klien mungkin merupakan tugas Anda dalam keseharian. Namun belum tentu Anda sudah mengetahui bagaimana etika menulis email profesional yang tepat. Meski terdengar sepele, memperhatikan penggunaan kata, tanda baca, atau tata bahasa yang baik ketika menyurati kolega adalah tindakan yang perlu dilakukan. Dengan begitu, Anda bisa tampak lebih profesional dan dihormati. Inilah empat etika penting dalam menulis email terkait kerja yang perlu diperhatikan:
1. Sesuai dengan Subjek Email
Majalah Harvard Business Review (HBR) menyarankan bahwa hal pertama yang harus diperhatikan dalam menulis email profesional adalah subjek email. Sebaiknya subjek email dibuat ringkas namun cukup deskriptif. Demi menyita perhatian penerima, gunakan pula bahasa yang menarik. Kemudian pastikan jenis huruf email Anda adalah Arial, Helvetica atau Verdana warna hitam. Huruf-huruf tersebut dianggap jelas dan mudah dibaca. HBR juga mengatakan bahwa tidak menggunakan lebih dari tiga jenis huruf dalam satu tulisan juga merupakan etika menulis email yang baik.
2. Aturan Penggunaan Emoticon
Banyak pegawai yang bingung apakah mereka bisa menggunakan emoticon ketika menulis email ke perusahaan, rekan, atasan, atau klien. Menurut HBR, hal tersebut diperbolehkan asalkan si penerima juga melakukan hal yang sama. Selain emoticon, para pekerja juga sering menghindari adanya typo atau salah ketik ketika mengirim email penting. Namun HBR mengatakan jika kadang-kadang para manajer level atas kerap membiarkan typo dalam email mereka agar terlihat otentik dan tidak terlalu terstruktur. Namun jangan pula secara sengaja membiarkan typo terlalu parah sehingga menyalahi etika menulis email yang profesional.
3. Perhatikan Tata Bahasa
Tata bahasa bisa menunjukkan kepandaian seseorang. Untuk itu, banyak karyawan memastikan tata bahasa yang mereka gunakan tepat ketika menulis email kantor. Hal tersebut memang penting dilakukan agar pesan yang ingin disampaikan tidak salah. Untuk itu, disarankan agar para pegawai menulis email profesional yang singkat dan rapi. Susun pula kalimat-kalimat Anda ke dalam paragraf yang tidak terlalu panjang.
4. Baca Ulang
Agar Anda tidak menyalahi aturan menulis email kerja, baca lah ulang tulisan sebelum dikirim. Jika perlu, kirim tulisan tersebut kepada seorang rekan untuk diperiksa terlebih dahulu. HBR pun menyarankan agar Anda berbicara secara langsung atau melalui telepon jika memungkinkan. Dengan begitu pesan yang akan disampaikan akan lebih jelas, terlebih bila itu berhubungan dengan konflik atau berita buruk.
Demikian pemaparan singkat tentang etika dalam menulis email, semoga bisa memberikan manfaat bagi para pembaca

Referensi :
https://wolipop.detik.com/read/2015/08/11/093938/2988511/1133/4-etika-menulis-email-profesional-yang-penting-diperhatikan

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyisipkan Gambar, Audio dan Video pada Ms Powerpoint

Cara Menyisipkan Gambar, Audio dan Video pada Ms Powerpoint             Pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas bagaimana cara memasukan Gambar, audio ataupun video pada Ms Power Point. Sebelum jauh kepembahasan pokok alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu Ms Power Point. Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada ve...

Langkah-Langkah Membuat E-Book dengan 3D PageFlip

Langkah-Langkah Membuat E-Book dengan 3D PageFlip  Buku digital atau E-Book  merupakan  sebuah publikasi yang terdiri dari teks, gambar maupun suara dan publikasikan dalam bentuk digital yang dapat dibaca di komputer maupun alat elektronik lainnya. Begitu pula  Jenis buku digital atau E-book  hanya ada 1 yaitu file PDF. cara membuatnya bisa ketik di dokumen dengan program Microsoft Word, kemudian nanti baru di konversi menjadi PDF dengan program PDF24. FUNGSI KEGUNAAN BUKU DIGITAL 1.   Sebagai sarana pembelajaran 2.  Untuk media pembelajaran 3.  Untuk media bisnis TUJUAN BUKU DIGITAL 1.  Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar melalui platform Edmodo. 2.  Memudahkan guru untuk Memberi tugas kepada muridnya melalui platform Edmodo. 3.  Memudahkan untuk belajar kelompok via Online bagi murid. 4.  Guru dapat memberi materi walaupun guru sedang tugas luar melalui platform...

Peran Teknologi Informasi bagi Guru di SDN Banyuresmi 3

Kehadiran teknologi Informasi merupakan suatu jalan menuju kemajuan. Teknologi menawarkan berbagai fasilitas kepada masyarakat untuk berkembang lebih moderen. Banyak bidang teknologi berdasarkan domain masalahnya seperti teknologi komunikasi, teknologi informasi, teknologi transfortasi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam hal ini penulis lebih mengarahkan pembahasan ini kepada masalah teknologi informasi. Menurut  Information Technology Association of America  (ITTA), Teknologi Informasi adalah suatu studi, perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terkhususnya pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Teknologi informasi memanfaatkan komputer elektronik dan perangkat lunak komputer untuk mengubah, menyimpan, memproses, melindungi, mentransmisikan dan memperoleh informasi secara aman ( http://www.pengertianpakar.com ). Dengan adanya teknologi informasi (TI) maka dapat m...