Langsung ke konten utama

pembelajaran berbasis Multimedia pada pendidik di SDN Banyuresmi 3



Pemanfaatan pembelajaran berbasis Multimedia pada pendidik di SDN Banyuresmi 3
Oleh : Lilis Yuliati
Dalam proses belajar mengajar, kehadiran media mempunyai arti yang cukup penting karena dalam kegiatan tersebut ketidakjelasan bahan yang disampaikan guru dapat dibantu dengan menghadirkan media sebagai perantara. Kerumitan bahan yang akan disampaikan kepada peserta didik dapat disederhanakan dengan bantuan media. Media pengajaran lebih banyak membantu siswa belajar daripada guru mengajar. Penggunaan alat bantu pembelajaran berpusat pada siswa, sebab berfungsi membantu siswa belajar agar lebih berhasil. Pekerjaan guru adalah mengkomunikasikan pengalaman kepada siswa. Ada dua cara mengkomunikasikan yakni melalui pendengaran atau pengelihatan, alat bantu (media) pembelajaran dapat membantu dalam kedua cara tersebut.
Multimedia dapat dipandang sebagai “combination of the following elements: text, color, graphics, animations, audio, and video. Multimedia merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar, dan teks. Multimedia adalah alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio, dan video. Multimedia ialah gabungan lebih dari satu media dalam suatu bentuk komunikasi. Multimedia pada masa kini merujuk pada penggabungan dan pengintegrasian media, seperti teks, animasi, grafik, suara, video kedalam sistem komputer. Akhir-akhir ini konsep multimedia  semakin populer dengan munculnya monitor komputer bersolusi tinggi, teknologi video dan suara serta usaha peningkatan memproses komputer pribadi. Sebagai contoh sekarang sudah terdapat komputer dekstop yang bisa merekam suara dan video, memanipulasi suara serta gambar untuk mendapatkan efek khusus, memadukan dan menghasilkan suara serta video, menghasilkan berbagai jenis grafik termasuk animasi, dan mengintegrasikan semua ini kedalam satu bentuk multimedia.
Secara sederhana bahwa multimedia juga dapat dipandang sebagai upaya pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, gambar bergerak (video dan animasi).

Pembelajaran yaitu kegiatan menyampaikan materi yang tidak semata-mata hanya mengejar target kurikulum, tanpa memperhatikan kondisi siswa,tetapi juga terkait dengan unsur manusiawi, material, fasilitas, perlengkapan, dan prosedur yang saling mempengaruhi demi mencapai tujuan pembelajaran. Jadi, pembelajaran adalah interaksi antara guru dengan siswa, serta teori dan praktik.
Terdapat beberapa alasan bahwa multimedia perlu diintegrasikan dalam pembelajaran. Pertama, dengan hadirnya multimedia terjadi pergeseran paradigma pembelajaran yang semula terpusat pada guru menjadi belajar yang terpusat pada guru menjadi belajar yang terpusat pada peserta belajar. Kedua, model pembelajaran terintegrasi dengan multimedia merupakan model belajar aktif dan kolaboratif. Ketiga, multimedia dapat meningkatkan motivasi, keterampilan, struktur berpikir, berkomunikasi secara elektronik serta lebih aktif dalam pembelajaran
Dampak positif integrasi multimedia dalam pembelajaran sangat terkait dengan peningkatan profesionalisme guru dalam penguasaan teknologi dan penggunaan komputer untuk meningkatkan kreatifitas. Beberapa dokumen literatur menunjukan bahwa kehadiran multimedia dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dimana peserta belajar berpikir kritis, peningkatan keterampilan, bekerjasama, membangun interaksi yang komplek antar kelompok.
Pada tingkat penegembangan, guru menggunakan ICT kedalam semua aspek kehidupan mereka demi meningkatkan pembelajaran. Guru menggunakan ICT untuk membantu semua siswa menilai pembelajaran mereka. ICT menjadi sebuah stimulus untuk menarik peluang-peluang mengajar yang baru.
1.      Analisis Kebutuhan
Efektifitas program yang dibuat bergantung pada sejauh mana program tersebut sesuai dengan kebutuhan kurikulum, lembaga pendidikan, atau kebutuhan peserta didik.
2.      Identifikasi Materi
Materi yang akan dirancang diidentifikasi berdasarkan kurikulum. Identifikasi ini mencakup tujuan pembelajaran umum dan khusus, pokok materi, pokok bahasan, sasaran dan waktu yang dibutuhkan untuk pembelajaran.
3.      Menentukan Model Pembelajaran
Berdasarkan analisis karakteristik materi dan tujuan serta identifikasi materi, selanjutnya tentukan model pembelajaran yang akan digunakan.
Salah satu model multimedia yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran adalah Model Tutorial. Model tutorial ini merupakan program yang dalam penyampaian materinya dilakukan secara tutorial, sebagaimana layaknya tutorial yang dilakukan oleh guru atau instruktur. Informasi yang berisi suatu konsep disajikan dengan teks, gambar diam atau bergerak, dan grafik. Dalam hal ini program menunutut komputer untuk berbuat sebagai tutor yang memimpin siswa melalui urutan materi yang mereka harapkan menjadi pokok pengertian.
Tutorial secara definisi adalah pembelajaran khusus dengan instruktur yang terkualifikasi. Tutorial dengan metode alternatif diantaranya bacaan, demonstrasi, penentuan bacaan atau pengalaman yang membutuhkan respons secara oral dan tulisan serta adanya ujian. Terdapat beberapa hal yang menjadi identitas dari tutorial, yaitu : Pengenalan, Penyajian Informasi, Pertanyaan dan respons, Penilaian respons, Pemberian feedback tentang respons, Pembetulan, Pengaturan pengajaran dan Penutup
Komputer sebagai tutor berorientasi pada upaya dalam membangun perilaku siswa melalui penggunaan komputer. Secara sederhana, pola-pola pengoperasiannya sebagai berikut :
1)      Komputer menyajikan materi
2)      Siswa memberikan respons
3)      Respons siswa dievaluasi oleh komputer dengan orientasi siswa pada arah siswa dalam menempuh presentasi berikutnya.
4)      Melanjutkan atau mengulangi tahapan sebelumnya.
Tutorial dalam program pembelajaran dengan bantuan komputer ditujukan sebagai pengganti manusia yang proses pembelajarannya diberikan lewat teks atau grafik pada layar yang menyediakan poin-poin pertanyaan atau permasalahan.
Dengan contoh pembelajaran berbasis multimedia format tutorial bisa memberikan pembelajaran yang menyenangkan bagi para peserta didik dan sebagai inovasi lain dari pembelajaran konvensional yang biasa dilakukan didalam kelas. Dengan adanya bantuan multimedia diharapkan proses pembelajaran didalam kelas bisa berjalan sesuai harapan yaitu terjadinya proses pembelajaran yang menyenangkan dan partisifasi siswa didalam kelas lebih aktif dari biasanya.
Sebagai salah satu guru di SDN Banyuresmi 3 saya sering mengalami berbagai kendala dalam proses penyampaian materi terutama materi-materi yang sifatnya susah akan dimengerti oleh para peserta didik jika hanya pembelajaran melalui metode ceramah saja. Banyak pembelajaran yang saya dapatkan setelah sekolah di pascasarjana STKIP garut terutama ketika menghadapi masalah seperti diatas. Masalah tersebut sekarang sudah mulai bisa teratasi berkat bantuan multimedia. Ketika saya dihadapkan terhadap materi misalnya “ Proses Reproduksi pada tumbuhan” yang terdapat di mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam  kelas IV, mulai sekarang saya mulai merancang bagaimana proses tersebut terjadi dengan menggunakan bantuan powerpoint yang disispkan berbagai macam gambar, teks, video dan isntrumen lagu agar siswa bisa lebih antusisas dalam menerima materi. Alhamdulillah setelah saya coba ternyata memang responnya sangat baik sekali malah bisa dibilang diluar yang saya pikirkan sebelumnya.
Demikian pemaparan singkat yang dapat saya samapaikan mudah-mudahan kita semua menjadi guru yang menjadi contoh yang baik bagi guru-guru lainya terutama dalam pengaplikasian berbagai pemanfaatan pembelajaran berbasis multimedia. mohon maaf jika ada kesalahan. Semoga ada manfaatnya buat para pembaca semuanya
Aamiin

Referensi : Deni Darmawan, Inovasi Pendidikan (Pendekatan Praktik Teknologi Multimedia dan Pembelajaran Online), Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 2012


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Menyisipkan Gambar, Audio dan Video pada Ms Powerpoint

Cara Menyisipkan Gambar, Audio dan Video pada Ms Powerpoint             Pada kesempatan kali ini saya akan coba membahas bagaimana cara memasukan Gambar, audio ataupun video pada Ms Power Point. Sebelum jauh kepembahasan pokok alangkah baiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu Ms Power Point. Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada ve...

Langkah-Langkah Membuat E-Book dengan 3D PageFlip

Langkah-Langkah Membuat E-Book dengan 3D PageFlip  Buku digital atau E-Book  merupakan  sebuah publikasi yang terdiri dari teks, gambar maupun suara dan publikasikan dalam bentuk digital yang dapat dibaca di komputer maupun alat elektronik lainnya. Begitu pula  Jenis buku digital atau E-book  hanya ada 1 yaitu file PDF. cara membuatnya bisa ketik di dokumen dengan program Microsoft Word, kemudian nanti baru di konversi menjadi PDF dengan program PDF24. FUNGSI KEGUNAAN BUKU DIGITAL 1.   Sebagai sarana pembelajaran 2.  Untuk media pembelajaran 3.  Untuk media bisnis TUJUAN BUKU DIGITAL 1.  Memudahkan proses kegiatan belajar mengajar melalui platform Edmodo. 2.  Memudahkan guru untuk Memberi tugas kepada muridnya melalui platform Edmodo. 3.  Memudahkan untuk belajar kelompok via Online bagi murid. 4.  Guru dapat memberi materi walaupun guru sedang tugas luar melalui platform...

Peran Teknologi Informasi bagi Guru di SDN Banyuresmi 3

Kehadiran teknologi Informasi merupakan suatu jalan menuju kemajuan. Teknologi menawarkan berbagai fasilitas kepada masyarakat untuk berkembang lebih moderen. Banyak bidang teknologi berdasarkan domain masalahnya seperti teknologi komunikasi, teknologi informasi, teknologi transfortasi, dan masih banyak lagi yang lainnya. Dalam hal ini penulis lebih mengarahkan pembahasan ini kepada masalah teknologi informasi. Menurut  Information Technology Association of America  (ITTA), Teknologi Informasi adalah suatu studi, perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen sistem informasi berbasis komputer, terkhususnya pada aplikasi perangkat keras dan perangkat lunak komputer. Teknologi informasi memanfaatkan komputer elektronik dan perangkat lunak komputer untuk mengubah, menyimpan, memproses, melindungi, mentransmisikan dan memperoleh informasi secara aman ( http://www.pengertianpakar.com ). Dengan adanya teknologi informasi (TI) maka dapat m...